Menggambar atau membuat program grafis dengan java dapat menggunakan Applet. Applet yang dibuat ditampilkan pada web browser. Kelas dari applet di-eksekusi melalui file HTML dengan <tag>

<applet code=“nama_applet.class” …>

Instruksi grafis harus dimuat dalam fungsi:

public void paint(Graphics g) {

… instruksi-instruksi grafis

}

Program yang memuat perintah grafis pada umumnya mempunyai struktur sebagai berikut:

import java.applet.*;

import java.awt.Graphics;

public class nama_program extends Applet {

public void paint(Graphics g) {

… perintah-perintah grafis

}

}

Berikut beberapa perintah-perintah grafis yang biasa digunakan ;

  • Garis lurus :

g.drawLine(x1, y1, x2, y2′);

membuat garis lurus dari kordinat (x1,y1) sampai (x2,y2)

contoh : g.drawLine(20,20,60,50);

  • Kotak :g.drawRect(x1, y1, x2, y2) ;

    membuat kotak dengan kordinat titik kiri atas (x1,y1) dan sisi datar sepanjang x2, sisi tegak sepanjang y2.

    Contoh: g.drawRect(20,20,60,60)

    g.fillRect(x1, y1, x2, y2) ;

    membuat kotak berwarna dengan kordinal titik kiri atas (x1, y1) dan (lebar,tinggi).

    g.drawRoundRect(x1, y1, x2, y2, x3, y3);

    membuat kotak dengan sudut tumpul dengan titik kiri atas (x1,y1), sisi datar sepanjang x2, sisi tegak sepanjang y2, dan (x3, y3) menentukan tumpulnya sudut kotak.

  • Polygon :g.drawPolygon(Vx, Vy, np);

    menghubungkan titik-titik menjadi polygon, dimana Vx adalah vektor titik x, Vy vektor titik y, dan np adalah jumlah titik;

    public void paint(Graphics g) {

    int Vx[ ] = {39, 94, 97, 142, 63, 58, 26};

    int Vy[ ] = {33, 74, 36, 70, 108, 80, 06};

    int np = Vx.length;

    g.drawPolygon(Vx, Vy, np);

    }

    Poligon berwarna:

    Polygon poly = new Polygon(Vx, Vy, np);

    g.fillPolygon(poly);

  • Ovals :g.drawOval(x1, y1, x2, y2);

    membentuk oval didalam kotak dengan sudut kiri atas (x1,y1) dan sisi datar sepanjang x2, sisi tegak sepanjang y2.

    Berbentuk lingkaran bila x2 = y2.

    g.fillOval(x1, y1, x2, y2);

    membentuk oval berwarna.

  • Garis lengkung (Arc) :g.drawArc(x1, y1, x2, y2, awal, bentang);

    membentuk garis lengkung pada oval (x1,y1,x2,y2) mulai dari posisi awal (derajat) sepanjang bentang (derajat). bila bentang < 0 berarti garis searah jarum

    jam, dan bila bentang > 0 berarti garis berlawanan jarum jam.

    contoh: g.drawArc(20, 20, 140, 30, 20, -130);