Grafika komputer

  • Fungsi Komputer ==> mempercepatperhitungan
  • Jumlah data yang besar
  • Penyajian data yang efisien danefektif
  • Penyajian secara grafis
  • munculnyacomputer graphics==> Computer Graphics
  • meningkatkankomunikasi manusia dengan mesin

Sistem Grafika Komputer

  • Data ==> Grafik, operator tidak dapatberinteraksi dengan komputer (statis)
  • Diinginkan Interactive ComputerGraphic ==> operator bisamengendalikan : isi, format, bentuk,ukuran, warna.
  • Sistem interaktif ==> mensimulasikanreal world pada layar komputer

Berdasarkan cara pandang pada layar :

  • Motion dynamic ==> objek bergerak,kita sbg pengamat (diam) atausebaliknya.ex : flight simulator
  • Update dynamic ==> perubahan sifatpada objek (bentuk,warna).ex : simulasi tabrakan mobil

Penerapan Grafika Komputer

  • Computer Aided Design (CAD)
  • Presentasi
  • Art ==> Hiburan
  • Pendidikan dan Pelatihan
  • Visualisasi
  • GUI (Graphical User Interface)

Klasifikasi Penerapan Grafika Komputer

  • Berdasarkan tipe dari objek dangambar yang dihasilkan
  • Berdasarkan interaksi dan derajatpengendalian objek/gambar dalamlayar
  • Berdasarkan role of the picture
  • Berdasarkan hubungan antara objekdan gambar yang tertampil.